20 Cara Menghemat Baterai HP Android

Pengguna HP Android sampai saat ini terus bertambah seiring berjalannya waktu, mungkin karena dari aplikasi-aplikasinya yang mempunyai nilai lebih karena fitur–fitur yang terdapat pada ponsel android itu memang sangat lengkap dan bagus contohnya seperti chatingan, facebook, twitter, media sosial yang lain apalagi sekarang ada BBM For android.

20 Cara Menghemat Baterai HP Android

Bagi yang memiliki kebiasaan berjam-jam dengan ponsel, tentu yang menjadi musuh utama tak lain adalah habis baterai alias ngedrop. kalau sudah ngedrop, apa boleh buat. Pastinya, mesti menunggu berjam-jam lagi untuk mengisi ulang. Relakan kenikmatan dan kenyamanan Anda terpotong untuk beberapa jam.
Tahukah Anda, ternyata seringkali baterai habis bukan lantaran kerap dipake menelepon. Melainkan, ada beberapa fitur dan layanan di ponsel yang turut serta memakan daya baterai ponsel Anda.
Nah, untuk menghindari ihwal membosankan sepert itu, berikut ini ada sejumlah cara untuk menghindari dan mengurangi penggunaaan baterai di ponsel Anda. Berikut uraiannya:

1. Matikanlah data jika tidak sedang bermain ke dunia maya
Ini adalah salah satu menghemat baterai anda jika anda sedang tidak melalukan aktifitas didunia maya hendaknya matikan paket data anda.

2. Matikanlah wi-fi 
Jika tidak di arena hotspot ini juga penting kaarena setiap anda mengaktifkan wifi akan membuat tenaga kerja baterai bertambah lebih besar hal ini bisa membuat baterai anda cepat habis.

3. Gps di matikan  
jika tidak sedang mencari lokasi ini juga bisa mengakibatkan boros baterai karena menggunakan internet.

4. Matikan bluetooth 
Jika tidak sedang mengirim atau menerima file data,gambar, atau mp3.

5. Matikan Paket Data Jika Tidak Diperlukan
Dengan mematikan data paket, itu berarti Anda telah menghentikan semua aktifitas yang masih beroperasi maupun progam aplikasi yang membutuhkan jaringan koneksi internet. Anda bisa mematikanya dengan cara menghilangkan tanda centang 'Data Paket' pada pengaturan koneksi.

6.Unduh Aplikasi Task Killer atau Baterrai Dr. saver
Biarpun sedang tidak mengakses sebuah aplikasi, terkadang ada beberapa progam yang sedang berjalan dibalik layar hp anda. Dengan menggunakan aplikasi utilities tersebut, Anda bisa menutup semua aplikasi di belakang layar yang sedang beroperasi sehingga bisa menghemat kinerja baterai.

7. Atur Volume dan Getaran Ponsel
Semakin tinggi nada pada volume yang Anda gunakan, semakin bertambah pula daya yang ditampung oleh baterai ponsel Anda. Jika anda memang jarang menelpon, sebaiknya Anda mengatur ulang nada dering supaya baterai bisa tahan lebih lama atau mungkin cukup dengan getaran saja.

8. Atur Kecerahan Lampu Ponsel
Kontras yang cukup terang pada layar ponsel memang membuat tampilan layar menjadi lebih jelas. Namun kecerahan pada ponsel ini juga memberikan kontribusi cepatnya daya baterai yang terpakai. jadi, cobalah mengatur kecerahan pada layar ponsel sesuai kebutuhan.

9. Redupkan lampu layar
Ada baiknya redupkan lampu layar ponsel jika berada dalam ruangan yang gelap ataupun redup. Cara ini akan cukup membantu mengurangi penggunaan daya baterai yang diserap oleh lampu tersebut. Lagipula, keberadaan lampu layar di ruangan minim cahaya tidak terlalu krusial. Pasalnya, lampu utama dalam ponsel cukup mampu mensupport cahaya yang dibutuhkan ponsel.

10. Non aktifkan Getar dan Nada tombol (Dial Tone/keynotes) 
HP dengan menggunakan daya getar akan cepat menguras daya baterai, begitu juga nada tombol akan menguras daya baterai.

11. Non Aktifkan Flash Kamera
Jika kamera Android smartphone Ada memiliki cahaya flash, dan disaat Anda butuh daya untuk menelpon dan kegiatan lainnya di HP matikan atau non aktifkan flash kamera disaat menjepret, agar bisa menghemat.

12. Tutup Aplikasi baik di depan layar maupun dibelakang layar
Menutup aplikasi yang terlalu banyak terbuka akan menghabiskan daya baterai, jika Anda ingat tips menghemat baterai ini maka tutup aplikasi, salah satuny aplikasi yang berjalan dibelakang layar dengan cara menekan tombol "Home" lebih lama kemudian pilih Delete.

13. Stop Mencari jaringan
Aktifitas melakukan pencarian jaringan akan sangat menguras baterai. Sistem Anda akan bekerja keras untuk mencari jaringan yang sbenarnya hilang-hilang timbul atau sinya tidak tersedia. Lebih baik berpindah tempat untuk mencari sinyal yang lebih baik dari pada memakasa sistem mencari jaringan yang berakibat menguras banyak baterai.

14. Jangan Letakkan HP Android di sembarangan tempat 
Jangan meletakkan HP Android Anda di tempat yang mengandung panas atau memberikan daya panas, seperti didekat komputer, diatas CPU komputer, didekat TV, didekat Rice Cooker, ssebaiknya hindari, semakin panas temperatur HP Anda maka semakin cepat baterai habis.

15. Jangan Biarkan HP Mati disaat habis baterai
Sebelum baterai habis dan HP mati sebaiknya carger HP Anda, karena cara ini mampu memperpanjang kondisi baterai Anda.

16. Cek Email Manual
Di kebanyakan ponsel pintar user dimanjakan dengan layanan push email. Tapi tahukah Anda, jika layanan tersebut ternyata menyedot energi. Nah, pilih mana ponsel pintar Anda jadi ‘mayat’ lantaran habis baterai, atau ponsel Anda tetap prima, meskipun Anda harus cek Email secara manual.

17. Update Aplikasi secara reguler
Kenapa perlu diupdate? untuk memeprbaharui aplikasi yang lama dimana ada palikasi yang boros, dengan penyempurnaan versi terbaru aplikasi mungkin akan menurangi konsumsi baterai lebih banyak.

18. Matikan jaringan nirkabel
Cek ponsel Anda, apakah jaringan nirkabel aktif atau tidak. Jika memang aktif, segera matikan. Seringkali kita lupa menon-aktifkan Bluetooth ataupun Wi-Fi. Pengkatifan jaringan nirkabel akan menyedot energi baterai.

19. Matikan layanan data
Cara ini bisa juga dilakukan jika anda sedang menunggu telpon penting dari seseorang namun baterai Anda sangat menipis, lalu matikan layanan data, maka baterai Anda akan hemat sampai telpon Anda terima. Selama layanan data mati aktifitas melalui internet terhenti sejenak.

20. Cek Baterai
Bagi para pengguna ponsel pintar, cara ini bisa dilakukan dengan memasang aplikasi indikator energi baterai. Terdapat beberapa aplikasi yang menginformasikan kondisi daya baterai ponsel Anda.
Misalnya saja, pengguna iPhone bisa memakai aplikasi Battery Go and myBatteryLife. Kedua aplikasi ini menginformasikan berapa energi baterai yang tersisa dan memprediksikan berapa menitkah ponsel Anda mampu disedot untuk telephon, memutar musik, video atapun online.

Jika anda menerapkan langkah-langkah di atas, saya bisa pastikan daya baterai ponsel anda akan jauh lebih tahan lama, saya bisa menjamin baterai ponsel anda akan jauh lebih awat dan hemat. demikianlah tips kali ini yang menjelaskan tentang Cara Jitu Menghemat Baterai Pada Ponsel Android semoga bermanfaat.


Artikel terkait:

loading...

Artikel Portal Fia Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2016 Portal Fia | Powered by Blogger