Inilah 10 Kiper Terbaik Sepanjang Masa

Inilah 10 Kiper Terbaik Sepanjang Masa

Kiper menjadi sisi utama dalam suatu tim sepak bola. Histori sudah mencatat sekurang-kurangnya ada 10 Kiper terbaik didunia yang menyandang juga sebagai penjaga gawang terbaik sepanjang masa. Hal semacam ini tentu jadi suatu kebanggaan bukan sekedar untuk penyandang gelar itu, namun juga suatu tim yang dibelanya. 

Jadi lumrah saja bila lalu sebagian tim lain mau memperebutkan penjaga gawang-kiper ini dengan harga yang sangat tinggi. Sejenak mari kita mengingat kembali siapapun penjaga gawang yang menyandang gelar juga sebagai Kiper Terbaik Sepanjang Masa.
Penasaran siapa saja mereka?
Mari sama-sama kita simak ulasan berikut ini.

1. Lev Yashin (Uni Soviet)

Lev Yashin Kiper Terbaik Sepanjang Masa
Pemain legendaris ini adalah Kiper Terbaik Sepanjang Masa yang ada di urutan teratas dalam jajak pendapat yang dikerjakan oleh IFFHS. Yashin dipilih karena kekuatan atletisnya serta postur badannya yang bikin gentar beberapa pemain penyerang lawan. 

Ia memperoleh julukan Laba-Laba Hitam lantaran senantiasa kenakan kostum hitam serta lantaran ketrampilannya menepis tembakan lawan seakan-akan membuatnya mempunyai delapan tangan. 

Penggunaan namanya oleh FIFA untuk penghargaan sebagai Kiper Terbaik di tiap-tiap Piala Dunia merupakan penghargaan terbesar dari setiap insan sepakbola dunia pada prestasinya.

2. Gordon Banks (Inggris)

Gordon Banks Kiper Terbaik Sepanjang Masa
Banks jadi pilihan pertama manajer Inggris Sir Alf Ramsey waktu Three Lions memenangkan Piala Dunia 1966. Tetapi, ia baru jadi legenda didunia sepakbola melalui aksi yang dikerjakannya selama empat tahun. lalu di Piala Dunia Meksiko. 

Waktu Inggris berlaga melawan Brasil, Pele menanduk bola ke tiang jauh gawang Inggris sembari berteriak “Golll”. Hal semacam itu dikerjakannya lantaran ia sangatlah meyakini Banks tidak bisa menyelamatkan gawangnya. 

Namun Kiper terbaik ini ada dalam posisi yang salah, sukses melompat ke arah yang berlawanan serta menyentuh bola itu dengan beberapa ibu jarinya sampai bola itu mental melalui mistar gawang. 

Sang kiper terbaik itu tahu ia bisa menyentuh bola, tetapi memikirkan bolanya masih tetap melalui garis gawang. Ia baru sadar tak berlangsung gol sesudah mendengar sambutan dari pemirsa di stadion serta diselamati oleh kapten Bobby Moore. Pele sendiri menyampaikan bila penyelamatan yang dikerjakan Banks itu yaitu yang paling hebat yang pernah ia saksikan.

3. Dino Zoff (Italia)

Dino Zoff Kiper Terbaik Sepanjang Masa
Dino Zoff juga masuk dalam Daftar 10 Kiper Terbaik Sepanjang Masa. pada Piala Dunia 1982 jadi puncak prestasi Zoff. Di usianya yang ke-40, ia jadi pemain tertua yang memenangkan Piala Dunia. Diluar itu, ia juga jadi Kiper ke-2 sebagai kapten di tim yang juara, serta dipilih jadi kiper paling baik. 

Walau sebenarnya dimuka kariernya, ia pernah tidak diterima oleh Inter Milan serta Juventus lantaran dikira kurang tinggi. Di jajak pendapat untuk mencari kiper paling baik di era ke-20 yang dikerjakan oleh Federasi Internasional Statistik serta Histori Sepakbola (IFFHS), Zoff ada di posisi ketiga dibawah Lev Yashin (Uni Soviet) serta Gordon Banks (Inggris) sebgai Kiper Terbaik Sepanjang Masa.

4. Edwin van der Sar (Belanda)

Edwin van der Sar Kiper Terbaik Sepanjang Masa
Edwin van der Sar juga merupakan Kiper Terbaik Sepanjang Masa. Waktu van der Sar memblok sepakan Nicolas Anelka di final Liga Champions, ia betul-betul jadi momok untuk pemain Chelsea waktu adu penalti. Hal semacam itu lantaran di arena Community Shield pada awal mulanya, ia juga sudah lakukan hal yang sama juga dengan menepis seluruhnya sepakan penalti yang dikerjakan pemain The Blues. 

Van der Sar jadi pemain yang paling banyak membela tim nasional Belanda dengan tampak sejumlah 128 kali serta pada akhirnya pensiun sesudah Euro 2008. Ia juga mencatatkan dirinya sebagai penjaga gawang yang memenangkan Liga Champions berbarengan dua club yang tidak sama, yakni Ajax Amsterdam serta Manchester United.

5. Gianluigi Buffon (Italia)

Gianluigi Buffon Kiper terbaik Sepanjang Masa
Nilai transfer yang membuatnya kiper termahal didunia ini jadi bukti kepiawaian Buffon melindungi gawang di lapangan hijau. Diluar itu, sederet gelar perorangan yang dicapainya dari beragam pihak juga jadi jaminan atas kemampuannya sebagai kiper terbaik. 

Waktu di Piala Dunia 2006, gawangnya tak tertembus satu gol juga sepanjang 453 menit sampai pada akhirnya Azzurri jadi juara serta Buffon memperoleh Lev Yashin Award juga sebagai penjaga gawang paling baik sepanjang turnamen itu.

6. Iker Casillas (Spanyol)

Iker Casillas Kiper Terbaik Sepanjang Masa
Ia baru berumur 30 tahun namun kariernya sebagai kiper tidak diragukan lagi. lebih 300 kali membela Real Madrid serta jadi penjaga gawang ke-2 yang bermain paling banyak untuk tim nasional Spanyol sesudah Andoni Zubizarreta. Waktu Spanyol memenangkan Euro 2008, Casillas jadi penjaga gawang pertama sebagai kapten di tim juara turnamen Eropa. 

Meskipun ia baru bermain di tim senior Madrid mulai sejak 1999, Kiper terbaik ini nampaknya senantiasa jadi pilihan pertama Los Merengues dibawah mistar gawang. Di usianya yang ke-19, kiper terbaik sepanjang masa ini jadi penjaga gawang paling muda yang tampak di final Liga Champions waktu Madrid menaklukkan Valencia 3-0. Iker mencapai lev yashin award pada tahunh 2010 ketika negaranya meraih gelar juara dunia dififa World cup 2.

7. Oliver Kahn (Jerman)

Oliver Kahn Kiper Terbaik Sepanjang Masa
Kiper yang satu ini juga termasuk juga salah satu kiper terbaik didunia yang pernah ada dipiala Dunia tahun 2002. dia sangatlah fantastis dalam menyelamatkan gawangnya ketika negaranya bermain. 

Oliver Kahn yaitu salah satu Kiper terbaik yang pernah dipunyai Jerman, dia senantiasa setia dengan FC Hollywood disana sampai ia mengakhiri kariernya. Style bermainnya yang meledak-ledak dan angker senantiasa bikin lawan terintimidasi waktu bertemu dengannya. 

Tetapi saat ini ia sudah pensiun dari sepak bola, tetapi bukanlah bermakna dianya telah tidak memerhatikan dunia yang sudah membesarkan namanya itu. Oliver Rolf Kahn, yang saat ini berumur 42 tahun. ia merupkan salah satu kiper paling hebat yang pernah dipunyai Jerman serta dunia. Ia mengawali karir di Karlsruhe SC, club kota kelahirannya pada 1987. 

Pada 1994 ia diambil Bayern. Di club ini ia meraih puncak karirnya. Gelar Bundesliga (8 kali), Piala Jerman (6), Liga Pokal (6), Piala UEFA (1996), Liga Champions serta Piala Interkontinental (2001) yaitu segudang prestasi Kahn berbarengan Bayern. 

Di timnas Jerman, Kahn terdaftar bermain 86 kali. Suksesnya berbarengan Tim Panser yaitu waktu merebut Piala Eropa 1996. Sayangnya, Kahn tidak berhasil memberi Piala Dunia untuk Jerman. Prestasi terbaiknya hanya runner-up Piala Dunia 2002.

8. Peter Schmeichel (Denmark)

Peter Schmeichel Kiper Terbaik Sepanjang Masa
Peter Schmeichel juga masuk dalam daftar 10 Kiper Terbaik Sepanjang Masa. Tinggi besar, rambut pirang, serta hidung merah. Tiga hal itu yaitu hal yang senantiasa tampak di ingatan apabila nama Schmeichel dimaksud. Tetapi untuk beberapa striker sebagai lawan Manchester United serta tim nasional Denmark, The Great Dane itu jadi tembok raksasa yang tidak bisa ditembus. 

Tingkat refleksnya yang mempesona untuk orang seukuran dia, dan kemampuannya merubah pertahanan jadi penyerangan segera melalui lemparan jauhnya ke beberapa penyerang, jadi salah satu argumen paling utama kenapa United jadi tim yang menguasai Liga Primer Inggris di masa 90an.

9. Petr Cech (Ceko)

Petr Cech Kiper Terbaik Sepanjang Masa
Saat Chelsea jadi juara Liga Primer sepanjang 2X berturut-turut, banyak pihak berasumsi itu akibatnya karena tangan dingin Jose Mourinho. Namun yang ada dibawah mistar The Blues yaitu Cech.

Cech jadi Kiper paling baik 2008 pilihan UEFA, serta  pernah bikin blunder di Euro 2008 waktu melawan Turki, ia terus jadi pilihan pertama di tim nasional Republik Ceko serta Stamford Bridge.

10. Rinat Dasayev (Uni Soviet)

Rinat Dasayev Kiper Terbaik Sepanjang Masa
Apabila tak ada trio Belanda Ruud Gullit, Frank Rijkaard, serta Marco van Basten, mungkin saja tim Uni Soviet yang bakal jadi juara di Euro 1988. Dasayev tampak cemerlang sepanjang berlangsungnya turnamen di Jerman, Hanya saja sepakan Gullit serta sepakan volley van Basten yang dapat mematahkan perlawanan Soviet di final. 

Dasayev yang dijuluki “Tirai Besi” dikira juga sebagai kiper paling baik ke-2 di Rusia sesudah Yashin. Ia tampak di tiga Piala Dunia serta bermain sejumlah 91 kali untuk tim nasional Soviet sampai pensiun di tahun 1990 silam.

Inilah daftar 10 Kiper Terbaik Sepanjang Masa. Dalam piala dunia kelak, akankah ada yang dapat menggeser daftar 10 kiper tersebut tersebut?
loading...

Artikel Portal Fia Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2016 Portal Fia | Powered by Blogger