7 Cara Meningkatkan & Mempercepat Kinerja HP Android

7 Cara Meningkatkan & Mempercepat Kinerja HP Android

HP Android kini semakin digemari oleh setiap kalangan pengguna gadget portabel. Bagi yang belum mengerti, OS android merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Google mesin pencari paling populer saat ini.

Cara Meningkatkan & Mempercepat Kinerja HP Android

OS android sendiri memiliki begitu banyak kelebihan jika dibandingkan dengan sistem operasi lainnya, hal ini karena OS android memiliki fitur dan juga widget yang dapat Sobat download dengan bermagai macam aplikasi dan tentu saja berbaguna.

Sebelum melihat Cara Meningkatkan & Mempercepat Kinerja HP Android pasti sobat semua harus mengetahui dulu penyebab dan masalah yang terjadi pada HP Android Sobat. Lemotkah atau kinerja yang lambat, sebenarnya HP Android lambat terjadi karena banyak faktor. Yang sering kita temukan diantaranya adalah aktivasi aplikasi yang terlalu berlebihan dalam waktu yang bersamaan. untuk penggunaan widget ataupun tombol pengaturan cepat juga ternyata juga dapat memperlambat kinerja HP Android. Namun ada beberapa cara yang bisa sobat lakukan untuk meningkatkan & mempercepatkinerja HP Android sobat, sehingga Hp Android sobat terhindar dari kerja yang sangat lambat. lansung saja kita lihat 7 Cara Meningkatkan & Mempercepat Kinerja HP Android:


1. Uninstall aplikasi yang sudah tidak terpakai

Cara Meningkatkan & Mempercepat Kinerja HP Android adalah dengan menghapus berbagai macam aplikasi yang sudah tidak terpakai. Sekarang coba sobat cek perangkat HP Android sobat. Ada berapa banyakkah aplikasi di dalamnya? Untuk Chating? gaming? atau bahkan untuk Editing foto? Dari begitu banyak aplikasi, yang pasti ada aplikasi–aplikasi HP Android yang sangat sering digunakan, ada juga aplikasi android yang sekedar jadi hiasan saja.

Sebenarnya aplikai–aplikasi yang tidak begitu penting justru akan membebani kinerja perangkat HP Android sobat. Sobat harus ingat bahwa secanggih apapun sistem operasi yang sobat gunakan tentu memiliki kapasitas memori yang tetap ada batasnya, Jangan sampai aplikasi–aplikasi android yang sebenarnya tidak terpakai justru menjadi beban untuk HP Android sobat. sobat cukup masuk ke menu “My apps” pada Google Play Store pada perangkat Android. Setelah itu langkah selnjutnya adalah Klik Aplikasi Android yang akan sobat hapus. keuidian Pilih “Uninstall”, dan disitu akan muncul pesan “Do you want uninstall to this app?”. Setelah itu tekan “OK”. Cukup mudah bukan? Untuk aplikasi bawaannya HP Android sendiri memang tidak dapat kita  hapus, namun sobat dapat disiasati dengan cara menonaktifkannya melalui disable menu.


2. Andalkan Aplikasi Clean Master

Jika dengan uninstall aplikasi belum cukup menolong kinerja Meningkatkan & Mempercepat Kinerja HP Android, sobat bisa memakai jasa pembersih data sampah yang handal seperti contohnya aplikasi Clean Master. Mengapa disebut aplikasi dengan sampah?, Mungkin sobat adalah salah satu yang berpikir bahwa uninstall aplikasi merupakan jalan satu–satunya cara kinerja Meningkatkan & Mempercepat Kinerja HP Android, Tunggu dulu. Perlu sobat ketahui bahwa saat proses uninstall kita lakukan, data cache yang ada dalam aplikasi Android tersebut tidak dengan otomatis terhapus. Itulah kenapa disebut sebagai data sampah. Maka sama saja, walaupun kita uninstall akan tetap membebani memori pada perangkat HP Android kita. Disinilah pentingnya peran Clean Master. Aplikasi Clean Master ini bisa membersihkan chache di aplikasi yang masih ter-install ataupun file sampah yang memenuhi memori sobat. Kita harus menggunakan aplikasi tersebut karena file sampah itu tidak akan terlihat di menu “My Files”. Aplikasi Clean Master ini bisa sobat download langsung dari Google Play Store.


3. Menutup Aplikasi Yang Berjalan di Background

Yang saya maksud dengan aplikasi yang berjalan di background adalah ketika sobat selesai memakai suatu aplikasi, aplikasi tersebut tidak sepenuhnya berhenti untuk berjalan. Hal ini memang umum terjadi dan menyebabkan kinerja HP Android sobat lebih lambat. Cara melihat dan juga menutup aplikasi yang berjalan pada background adalah sobat bisa menekan tombol back ataupun cara yang lebih meyakinkan adalah dengan menginstall Task Killer yang dapat Sobat download, Tas Killer ini berperan sebagai media yang sangat berguna untuk mematikan sebuah aplikasi android yang sedang berjalan namun tetap tidak terlihat.


4. Nonaktifkan Autoupdate

Update merupakan hal yang sangat penting untuk Meningkatkan & Mempercepat Kinerja HP Android, namun bila aplikasi sobat terlalu banyak maka Hp Android sobat akan terlalu sering melakukan update. Update ini bisa terjadi setiap saat dan saat kapanpun tanpa kita tahu, seringkali hal ini terjadi membuat kinerja hp android kita menjadi melambat. Untuk itu sarannya matikanlah fitur Auto update pada setting HP Android sobat. seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Cara Meningkatkan & Mempercepat Kinerja HP Android

5. Alokasi Memory

Jangan sampai terlewatkan bahwa file-file besar seperti foto, video bahkan musik harus di alokasikan pada memori external dalam HP Android sobat dengan menyimpan didalam katu memori. Alokasi semacam ini tidak hanya berlaku untuk file media saja namun juga pada aplikasi-aplikasi besar seperti game ataupun aplikasi edit foto. Karena kinerja HP Android sobat akan melambat bila memori internal hampir penuh.


6. Autobrightness & Autorotate

Keindahan dan juga kecanggihan user interface Hp Android sobat akan terlihat ketika sobat memutar posisi Hp Android maka layar akan ikut menjadi terputar namun hal semacam ini dapat menjadikan Hp Android sobat sedikit lemot, maka sarannya lebih baik dimatikan saja bila sobat memerlukannya cukup hidupkan kembali. Fitur Autobrightness ini akan membantu sobat menghemat baterai Hp Android, karena layar akan disesuaikan kecerahan warna layar ponsel. Namun untuk Hp Android dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi lebih baik fitur ini dimatikan saja, karena Hp Android akan memerlukan proses untuk disesuaikan kecerahan cahaya sekitar dengan kecerahan layar HP. Hal ini membuat kinerja Hp Android sedikit melambat.


7. Root & Overclock CPU Hp Android

CPU merupakan hal yang paling penting untuk Meningkatkan & Mempercepat Kinerja HP Android. Sobat tidak dapat mengganti CPU lama dengan CPU yang baru layaknya sebuah komputer ataupun laptop. Satu-satunya tipsnya adalah dengan men-overclock CPU dari hp Android sobat. Namun resikonya bila sobat men-root dan overclok, produsen HP sobat akan menghanguskan garansi hp android Sobat.

Nah, Itulah 7 Cara Meningkatkan & Mempercepat Kinerja HP Android. Sampai jumpa lagi dipostingan selnjutnya.

loading...

Artikel Portal Fia Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2016 Portal Fia | Powered by Blogger