Perbedaan Mobile Responsive Website dengan Mobile Website dan Mobile applications

Perbedaan Mobile Responsive Website dengan Mobile Website dan Mobile applications

Hari ini dimana gadget bisa kita dapatkan dengan harga yang cukup terjangkau serta didukung dengan koneksi internet yang lumayan murah dan juga mudah, tidak ayal lagi memang jika mobile devices seperti handphone ataupun tablet menjadi pilihan utama manusia untuk berselancar dalam dunia online. Sekarang ini lebih dari 15% populasi penduduk di negeri kita Indonesia pada khususnya mengakses suatu informasi online secara mobile.

Perbedaan Mobile Responsive Website dengan Mobile Website dan Mobile applications

Selain untuk mendorong para vendor untuk mengeluarkan produk murah dan juga terjangkau, hal ini pun menjadikan mereka para pemilik website harus menjadikan websitenya lebih mudah dan user friendly untuk dilihat baik dari sisi desktop browser, tablet dan juga mobile handphone yang beragam jenisnya.

Responsive Website

Responsive website merupakan teknologi terbaru atau standarisasi terbaru W3C yang menggunakan Media Queries atau module terbaru dari CSS3. Dasar pembikiran responsive website yaitu agar menjadi website menjadi responsive atau peka terhadap lebar browser para pengunjung. Tanpa perlu membuat website lain. Cukup satu website saja namun tetap user friendly di akses dari gadget ata bahkan desktop.

Lihat contoh-contoh website dengan design responsive Disini.

Kelebihan dari responsive design website ialah :
  • Yang pertama adalah Murah, karena proses developmentnya bisa kita gabungkan.
  • Tidak diperlukan maintenance sendiri
  • Waktu development yang cepat
  • User friendly

Kekurangan :
Kurang cocok untuk website dengan konten yang lumayan banyak, seperti portal berita dan lain sebagainya. hal ini Cenderung agak berat karena di file-size sama dengan website aslinya

Mobile Website

Mobile website mengacu pada penggunaan layanan internet yang berbasis browser dari perangkat mobile genggam, seperti smartphone atau ponsel fitur lainnya, melalui jaringan nirkabel seluler atau lain sebagainya. contoh mobile website adalah m.detik.com dan lain sebagainya. 
Mobile website menggunakan database yang serupa dengan induk websitenya namun pada dasarnya dia adalah website yang berdiri sendiri ataupun berbeda dengan website aslinya. Fitur Mobile website Akhir akhir ini cenderung di gunakan oleh mereka para pemilik website dengan traffic tinggi, seperti kaskus, kompas, detik dan lain sejenisnya.

Kelebihan dari mobile website adalah:
  • Kelebihan mobile Website lebih SEO friendly bagi google, karena memudahkan pengguna. Kita tak perlu memperbesar tampilan untuk melihat konten. 
  • Lebih cepat, Konten yang tersajikan cenderung memilki file size yang terlihat kecil yang telah di resize dan tentu saja telah disesuaikan untuk para pengguna mobile. Sehingga visitor dapat mengakses dengan lebih mengingat cepat , mobile internet ia memiliki speed yang lebih lambat dan spek hardwarenya. 

Kekurangan utamanya ialah mobile website cenderung lebih mahal harganya, kenapa mahal? karena memang harus di develop dengan cara terpisah, dan ia juga membutuhkan maintenance sendiri.

Mobile Applications

Mobile applications adalah aplikasi yang memiliki fungsi yang sama, namun dengan environment yang berbeda-beda. Ia Berbentuk aplikasi yang dapat kita download dan di install pada mobile device yang bisa kita download dari pasar aplikasi seperti Play store untuk android dan juga App Store pada apple.

Kelebihan:
  • Ia Dapat melalukan push notification, yang bisa kita aplikasikan ke dalam strategi marketing.
  • Statistik user yang lebih tepat
  • Dapat kita akses informasi tertentu di dalam device pengguna, seperti camera, kontak, image gallery dll.

Kekurangan
  • Jauh lebih mahal harganya, dan pada setiap platform harus di develop dengan cara tersendiri
  • Maintenance secara terpisah dengan website induk
loading...

Artikel Portal Fia Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2016 Portal Fia | Powered by Blogger