Alasan Kenapa Pidie Terkenal dengan Sebutan ‘Pidie Kriet’ "Pelit"

Alasan Kenapa Pidie Terkenal dengan Sebutan ‘Pidie Kriet’

Ternyata sebutan Pidie Kriet (pelit) masih tertanam di hati anak-anak kabupaten lainnya yang berada di Aceh. Padahal Pidie kriet itu hanyalah kesalahpahaman bagi masyarakat dahulu terhadap masyarakat Kabupaten Pidie.
Pidie Kriet

Di era modern ini, saya pun sangat terkejut ketika ditanya berasal dari mana? Pidie saya jawab, waahhhh… Pidie terkenal dengan pelitnya. Apakah sebutan Pidie Kriet itu masih ditanamkan oleh para orang tua terhadap anak-anaknya secara turun temurun? tidak ada penjelasan sedikit pun latar belakang sebutan Pidie Kriet.

Sikap begitu bisa dimasukkan kedalam pencemaran nama baik kabupaten. Mungkin bagi semua masyarakat kabupaten Pidie tidak akan menerima terhadap sebutan tersebut.

Pidie Kriet (Pelit)

Setelah saya telusuri lebih banyak kenapa dikatakan dengan sebutan Pidie Kriet. Pada jaman dahulu kabupaten Pidie mayoritas masyarakatnya sangat memuliakan para setiap tamu, sehingga ketika setiap para tamu datang berkunjung ke tempat saudaranya di Pidie, masyarakat Pidie melayaninya dengan sangat mulia seperti makanan dan minuman sangat dispecialkan untuk para tamu. Bila tidak ada uang pun, mereka rela berhutang kesana kemari demi melayani tamunya.

Maka pada waktu itu, ditanyalah oleh seseorang yang berasal dari kabupaten yang lain. Kalau orang bertamu ke kabupaten Pidie, bagaimana cara melayaninya? yaaa..”makanan dan minuman kami perkirakan”.

Ternyata kata-kata ini menimbulkan 2 penafsiran.

1. benar-benar pelit, sampai makanan dan minuman saja dihitung bagi para tamu yang datang ke rumah
2. benar-benar dimuliakan, sampai makanan enak-enak pun disediakan. Walaupun tidak punya uang, ngutang pun jadi, demi memuliakan setiap tamu yang datang ke rumahnya.

Uratan nomor 2 inilah yang dimaksudkan oleh orang Pidie, begitu dimuliakan para tamu yang datang kerumah.

Sedangkan orang kabupaten yang lainnya menafsirkan seperti yang nomor 1. Mereka salah dalam menafsirkan makna dari kata-kata yang diungkapkan oleh orang Pidie. Kesalahpahaman ini dikarenakan mereka tidak bertanya maksud dari ungkapan tersebut. Sehingga dari generasi ke generasi masih tertanam di hati anak cucu mereka bahwa Pidie terkenal dengan sebutan “Pidie Kriet” (pelit).
Penulis : Muksalmina Mta
Sumber: Blog Khas Nusantara/ Kompasiana

Artikel terkait:
loading...

Artikel Portal Fia Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2016 Portal Fia | Powered by Blogger