Mantan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf Diperiksa Oleh KPK

Mantan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf Diperiksa Oleh KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi atua yang lebih dikenal dengan sebutan (KPK), pada hari Rabu (11/5) memeriksa Gubernur Aceh 2007-2012 Irwandi Yusuf dengan perkara dugaan korupsi dalam proyek pembangunan dermaga Sabang pada tahun 2011 yang dibiayai APBN.

Mantan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf Diperiksa Oleh KPK

Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati mengungkapakan terperiksa adalah saksi untuk tersangka Ruslan Abdul Gani, yang sudah ditahan oleh KPK sejak tangal 16 Maret 2016.

Ruslan diduga telah melakukan penggelembungan harga dan juga penunjukan langsung yang menyebabkan kerugian negara hingga mencapai Rp 116 miliar saat menjabat sebagai Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan juga Pelabuhan Bebas Sabang "BPKS".

Kasus ini adalah pengembangan dari kasus yang sebelumnya yang menjerat Heru Sulaksono yang merupakan mantan Kepala PT Nindya Karya Cabang Sumatera Utara dan Aceh yang menjadi kuasa Nindya Sejati Joint Operation dalam proyek pembangunan dermaga Sabang, dan juga Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek tersebut Ramadhani Ismy.

Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta Pusat menjatuhkan hukuman sebesar sembilan tahun penjara dan juga kewajiban membayar uang pengganti sejumlah Rp 12,6 miliar pada tanggal 1 Desember 2014 kepada Heru karena dinilai telah terbukti korupsi dan melakukan pencucian uang.

Dalam vonis tersebut, Heru terbukti memperkaya Ruslan hingga sebesar Rp 100 juta. Proyek dermaga Sabang dikerjakan oleh PT Nindya Karya yang bekerja sama dengan perusahaan lokal yaitu PT Tuah Sejati.

Heru ditunjuk sebagai kuasa Nindya Sejati Joint Operation akan tetapi proses pengadaan barang dan jasa pembangunan Dermaga Sabang dari tahun 2004, 2006-2011 tidak dilaksanakan sesuai dengan pedoman pengadaan barang dan jasa pemerintah.
Sumber: modusaceh.com
loading...

Artikel Portal Fia Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2016 Portal Fia | Powered by Blogger