4 Warga Aceh Jadi Korban Tenggelamnya Kapal di Perairan Malaysia

4 Warga Aceh Jadi Korban Tenggelamnya Kapal di Perairan Malaysia

Jumlah warga negara indonesia yang meninggal akibat tenggelamnya kapal di peraiaran malaysia berjumlah 8 orang, Mereka berangkat dari johor menuju ke batam, Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan juga Bantuan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal mengungkapkan, konsulat jendral republik indonesia di johor mendapakkan laporan dari otoritas Malaysia yang bahwa pada hari Minggu (24/7) pukul 05.00 WS,

Mereka menemukan sejumlah 34 WNI  yang selamat — 26 pria dan 8 wanita, dan jumlah korban yang meninggal sejumlah 8 orang di Pantai Batu Layar, Johor, Malaysia. “Mereka para korban tersebut adalah adalah TKI, ucap Iqbal dalam keterangan tertulisnya kepada media pada hari Minggu 24 Juli 2016.

Setelah menerima informasi itu Menlu RI meminta Konsul Jenderal RI Johor Bahru, Taufiqur Rizal untuk menangani para korban tersebut. Menlu juga mengharapkan agar para korban, baik korban yang selamat ataupun korban yang maupun meninggal, agar dapat diupayakan kemudahan perawatan dan juga pemulangan.

4 Warga Aceh Jadi Korban Tenggelamnya Kapal di Perairan Malaysia

Taufiqur mengatakan Sejauh ini kedua otoritas tersebut sepakat untuk mempermudah proses pemulangan para korban. Pihak KJRI saat ini sedang memulai menyiapkan dokumen perjalanan bagi seluruh korban. Diduga kapal yang tenggelam tersebut adalah kapal yang berlayar tidak resmi alias melalui jalur belakang. Dari hasil wawancara diketahui bahwa kapal yang tenggelam tersebut mengalami mati mesin sekitar jam 23.00 pada Sabtu 23 Juli 2016.

Kapal tersubut kemudian diempas oleh gelombang laut lalu kapal itu tenggelam. Kejadian itu baru diketahui oleh sejumlah nelayan sekitar pada Minggu (24/7) jam 05.00. Kapal itu dalam pejalanan dari Johor menuju ke Batam, dengan muatan orang sebanyak 62 orang. saat ini masih 20 penumpang lainnya yang dalam proses pencarian oleh Tim SAR setempat.

Dari jumlah 34 orang yang berhasil diselamatkan diketahui berasal dari NTB (10 orang), Jawa timur (9 orang ), Aceh (4 orang), Sumatera Utara (4 orang), NTT (3 orang), Banten (2 orang), Jambi (1 orang) dan juga Sumatera Barat (1 orang).

Sebelumnya, sejak tahun 2013 sekurangnya sudah terjadi tujuh kali peristiwa tenggelamnya kapal pengangkut para TKI yang tidak berdokumen melalui jalur tidak resmi. Dari tujuh peristiwa itu tercatat sekurangnya sudah 152 orang meninggal dan hilang.(cnn) sumber: klikkabar.com

Artikel terkait:
loading...

Artikel Portal Fia Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2016 Portal Fia | Powered by Blogger