"Aceh" dari Tsunami, Ganja, Kopi, Konflik Sampai Syariat

"Aceh" dari Tsunami, Ganja, Kopi, Konflik Sampai Syariat

Portalfia.com, Apa yang ada di benak kalian saat mendengar kata Aceh. Tsunami? ganja? kopi? konflik? ataupun syariat? yaaa, secara garis besar hanya 5 hal inilah yang terbayang di benak orang orang jika ditanyakan tentang Aceh. 

"Tsunami" Merujuk pada peristiwa gempa dan tsunami yang melanda Aceh pada tanggal 26 desember 2004 silam. Tidak salah jika orang orang menyebutkan tsunami saat ditanya tentang Aceh. Karena tsunami memang telah membawa nama Aceh kembali di ingat oleh seluruh penjuru dunia mulai dari tingkat nasional hingga internasional. 

Nama Aceh seperti Artis yang sedang naik daun saat terjadinya tsunami pada saat itu. yaa, tak bisa di pungkiri bahwa Aceh bisa kembali bangkit pasca tsunami, hal ini juga berkat bantuan masyarakat dunia.

"Aceh" dari Tsunami, Ganja, Kopi, Konflik Sampai Syariat

"Kopi" tradisi ngopi seolah telah menjadi tradisi dan kebiasaan yang diturunkan dari generasi ke generasi dalam kehidupan masyarak di Aceh. Coba Perhatikan setiap warung kopi yang ada di Aceh, tidak pernah sepi selalu dipadati oleh pengunjung, Dimulai dari yang muda sampai yang tua sekalipun. 

Di Aceh memang banyak terdapat kedai-kedai kopi. Bahkan hampir setiap sudut kota di Aceh terdapat kedai kedai kopi. Di Aceh memang Terkenal dengan biji kopi Arabikanya, Aceh telah memberikan kontribusi sebesar 40% dari produksi kopi Indonesia. 

Teknik membuat kopi di Aceh tidak ada duanya. Para barista di sini "Aceh" tidak pernah pergi ke pelatihan khusus untuk belajar bagaiman cara menyajikan secangkir kopi.

Baca juga: Kopi dan tradisi Orang Aceh

Cara penyajian kopi di Aceh sangat berbeda dengan daerah-daerah lainnya di Indonesia. Di sini "Aceh", kopi diseduh melalui beberapa penyaringan sampai pada kekentalan yang diinginkan oleh para pembeli, itulah kenapa kopi aceh terasa lebih nikmat dan memiliki efek rasa yang kuat serta harum.

"Ganja" kalian penikmat kopi, pasti tahu tentang kopi Aceh. Dan jika kalian penikmat ganja, anda pasti tahu tentang...... (hheheehehe). Aceh memiliki ladang ganja terbesar di Asia Tenggara, ladang ganja di aceh tersebar di hutan-hutan, mulai dari Kabupaten Aceh Utara, Aceh Tenggara, Aceh Tengah, Aceh Barat Daya, Aceh Besar sampai Kabupaten Bireuen. 

Struktur tanah yang sangat subur di Aceh dan curah hujan yang tinggi membuat tanaman ganja ini menjadi sangat baik dan juga berkualitas. Meskipun begitu ganja tetap menjadi barang haram, siapa saja yang menanam ganja, mengedar ganja di aceh akan ditangkap polisi, tidak ada ampun bagi para pemilik barang haram tersebut, Entah kenapa Aceh menjadi identik dengan tanaman ganja. ingat! jangan coba coba dengan ganja, pokoknya jangan.

"Konflik" Jika kita berbicara tentang konflik, bagi rakyat Aceh Konflik sudah seperti mendarah daging. kok bisa? yaaa, lihat saja sejarah Aceh yang tak pernah lekang dari berbagai konflik ataupun perang.

Mulai dari Perang Aceh-Belanda Tahun (1973-1904) peristiwa cumbok tahun (1946-1947) Konflik DI/TII Tahun (1953-1957) RIA /Republik Islam Aceh Tahun (1961-1962) sampai dengan konflik GAM/TNA Tahun(1976-2005) 

"Syariat" Yang terakhir yang paling membuat Aceh di kenal dunia adalah syariat islam. Aceh adalah daerah dengan berbagai kekhususan di Indonesia. 

Salah satu kekhususannnya adalah perihal penegakan Hukum syariat islam. Rakyat Aceh dikenal sebagai orang orang yang sangat fanatik terhadap agama islam. 

Syariat islam terus menjadi isu hangat yang selalu dibicarakan dikalangan masyarakat Aceh. Aceh terus berusaha menegakkan Hukum syariat islam secara kaffah. 

Itulah 5 hal yang berhasil saya rangkum sebagai hal hal yang sering di identikkan dengan Aceh. Punya tambahan lain, silahkan share di komentar?
loading...

Artikel Portal Fia Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2016 Portal Fia | Powered by Blogger