Akhirnya Pemerintah Memberi Pengampunan kepada 70 Pengikut Din Minimi

Akhirnya Pemerintah Memberi Pengampunan kepada 70 Pengikut Din Minimi

70 anggota kelompok bersenjata yang berasal dari Aceh yang dipimpin Din Minimi, akan menerima amnesti atau isltilahnya pengampunan.
"Jumlahnya sebanyak 70 anggota, yang 21 orang masih berada di penjara sedangkan 49 sisanya sekarang ini sudah ada di masyarakat. Itu sudah dipilah," Ungkap Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan juga Keamanan, Luhut Binsar Pandjaitan, di kantornya Jakarta Kamis 21 Juli 2016.

Hanya saja, menurut Luhut, untuk kelompok anggota Din Minimi yang masih bermasalah dengan hukum, amnesti baru diberikan setelah status hukumn mereka diputuskan.
"Kalau masih ada yang bermasalah dengan hukum, kita akan selesaikan proses hukumnya," ungkap Luhut.

Dasar pemberian amnesti bagi anggota kelompok Din Minimi yaitu menurut Pasal 14 ayat 2 UUD 1945. Bunyinya Presiden memberi amnesti dan juga abolisi dengan memperhatikan pertimbangan Dewan Perwakilan Rakyat "DPR".


Sebelumnya, Luhut memberi usulan pemberian amnesti kepada kelompok Din Minimi dinilai merupakan sebuah solusi yang tepat untuk menghentikan gerakan separatis kelompok tersebut di Nanggrau Aceh.

Menurutnya, jika pemerintah bersikap keras menghadapi kelompok separatis, seperti kelompok Din Minimi maka dikhawatirkan akan tetap mengangkat senjata dan juga melakukan perlawanan. Untuk itu demi kemanusiaan, pemberian amnesti dianggap sangat penting. Selain mengusulkan pemberian amnesti kepada Kelompok Din Minimi, pemerintah juga mengusulkan pemberian amnesti bagi mantan Panglima OPM yakni Goliath Tambuni yang telah menyerahkan diri pada 2015 lalu. sumber:nasional.news.viva.co.id

Baca Juga:
loading...

Artikel Portal Fia Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2016 Portal Fia | Powered by Blogger