Inilah 8 Tokoh dan Pesohor Dunia Yang Pernah Datang Ke Aceh

Inilah 8 Tokoh dan Pesohor Dunia Yang Pernah Datang Ke Aceh

Portalfia.com, Kehadiran Para pesohor dan tokoh dunia ke Aceh terbilang sangat spesial karena diantara mereka tidak hanya untuk berlibur saja, Namun banyak kegiatan sosial yang mereka lakukan di aceh.

Para tokoh dunia yang datang ke aceh bukan untuk menikmati pesona alam yang indah yang ada di aceh, Justru sebaliknya, Para pesohor dunia datang ke aceh untuk melihat Aceh yang berduka.

Peristiwa tsunami 26 Desember 2004 yang menghantam Aceh mengundang banyak simpati dari seluruh penjuru dunia. Korban meninggal dalam kejadian Tsunami itu mencapai lebih dari 126 ribu jiwa.

Tsunami telah menjadi bencana nasional terbesar di Indonesia di awal abad milenium, bahkan Tsunami Aceh menjadi bencana terdahsyat di dunia, Sejumlah bantuan dari luar Negeri dan dan dalam negeri berbondong-bondong dikirimkan ke Aceh untuk membantu para korban, Beberapa pesohor dan tokoh dunia datang ke aceh untuk menunjukkan rasa simpati dan memberikan bantuan kemanusiaan, Siapa sajakah para tokoh dunia yang datang ke aceh, berikut daftarnya:

1. Cristinao Ronaldo Datang ke Aceh

Cristiano Ronaldo datang  ke Aceh

Tokoh Dunia Yang Pernah Datang Ke Aceh yang pertama adalah Cristiano Ronaldo, Seorang kru stasiun televisi Sky News Inggris yang sedang meliput musibah tsunami di Aceh pada 2004 silam menemukan seorang bocah yang selamat di laut, bocah tersebut bernama Martunis, Martunis sedang terapung-apung di laut. Pada saat itu itu martunis memakai kaus tim Nasional Portugal bernomor punggung 10 "Rui Costa". Martunis ditemukan setelah 21 hari bertahan hidup terapung di laut sendirian.

Karena kejadian tersebut, para pemain timnas Portugal saat itu seperti Ronaldo, Rui Costa,Luis Figo, dan masih banyak lainnya yang memberi ucapan selamat kepada Martunis. Kejadian tersebut tentu saja menarik simpati Federasi Sepak Bola Portugal.

Cristiano Ronaldo bahkan mengunjungi Aceh untuk bertemu dengan Martunis, kemudia martunis diundang secara resmi oleh Ronaldo ke Portugal pada bulan Juni 2005. Di sana Martunis menerima hibah berupa uang sebesar 40 ribu Euro atau setara Rp 500 juta.

Baca Juga: 

2. Jackie Chan Datang ke Aceh

Jackie Chan datang  ke Aceh

Tokoh Dunia Yang Pernah Datang Ke Aceh selanjutnya adalah Jackie Chan, Aktor laga asal Hongkong Jackie ini memang memiliki rasa kepedulian yang cukup tinggi atas korban bencana tsunami yang melanda aceh pada saat itu, Jackie Chan mengunjungi korban tsunami di Aceh pada tangal 18 April - 20 April dengan membawa sumbangan sebesar USD 4,8 juta uang tersebut merupakan hasil konser yang digalang pada 7 Januari 2005.

Dana Sebesar USD 4,8 juta yang didonasikan Jackie Chan merupakan hasil konser bersama aktor dan aktris papan atas Asia lainnya seperti Jet Li, Jacky Cheung, Andy Lau dan bahkan penyanyi papan atas asal Taiwan Chang Hui-mei.

"Saya cukup senang dan sangat bangga menjadi bagian dari Hong Kong atas penderitaan dunia terhadap aceh," jelas Jackie Chan dalam pernyataannya, seperti dikutip kapanlagi.com, bulan April 2005.

3. Maria Julia Mantilla Garcia  Datang ke Aceh

Maria Julia Mantilla Garcia datang  ke Aceh

Pesohor Dunia Yang Pernah Datang Ke Aceh selanjutnya adalah Maria Julia Mantilla Garcia, Bersama aktor Jackie Chan, Miss World 2004 Maria Julia Mantilla Garcia yang berasal dari Peru tersebut mengunjungi anak-anak korban tsunami Aceh pada bulan April 2005.

Kedatangan wanita cantik berparas ayu dengan Aktor laga Jackie Chan itu disambut gembira oleh warga Aceh, seperti dilansir BBC, bulan April 2005. Rombongan Jackie Chan mengunjungi sebuah sekolah di aceh yang dihantam tsunami paling parah. 

Jackie Chan dan Maria juga ditemani mantan atlet dunia Daley Thompson. Mereka mengunjungi pusat penampungan warga aceh. Disana rombongan Jackie Chan dan Maria Julia menyaksikan pertunjukan dari anak-anak Aceh.

4. Bill Clinton Datang ke Aceh

Bill Clinton datang  ke Aceh

Tokoh Dunia Yang Pernah Datang Ke Aceh berikutnya adalah Bill Clinton, Mantan Presiden Amerika itu mengunjungi Aceh dan berjanji akan berusaha membantu seluruh masyarakat aceh, terutama para korban gempa dan tsunami.

Bill Clinton datang ke kawasan Terbee, Kecamatan Jantho Baru, Kabupaten Aceh Besar, Mantan presiden Amerika serikat tersebut sempat berdialog dengan para pengungsi di tenda penampungan, seperti dilansir oleh New York Daily News, akhir bulan Mei 2005.

5. Cats Stevens "Yusuf Islam" Datang ke Aceh

Cats Stevens datang  ke Aceh

Pesohor Dunia Yang Pernah Datang Ke Aceh berikutnya adalah Cats Stevens "Yusuf Islam", Pada Hari itu, dari Banda Aceh, Yusuf Islam menumpangi helikopter sampai ke Aceh Jaya. Ditemani sang istri tercinta Fauziah Islam. Dia mendatangi kamp pengungsian dan menghampiri anak-anak aceh korban tsunami.

Kedatangannya Cats Stevens ke Aceh juga dalam rangka meramaikan acara amal yang  bertajuk “Aceh Long Sayang" For a Brighter Future, Senin, tanggal 31 Januari 2005 di Jakarta bersama sejumlah artis Top Indonesia, seperti Dewa, Ari Lasso, dan juga Cak Nun (Emha Ainun Nadjib). Ketika kita dilanda bencana seperti ini, kita menemukan ke­benaran di dalam diri kita,” ungkap penyanyi ternama Inggris ini.

6. Kofi Annan Datang ke Aceh

Kofi Annan datang  ke Aceh

Tokoh Dunia Yang Pernah Datang Ke Aceh selanjutnya adalah Kofi Annan, Kofi Annan memantau Kota Banda Aceh dan Meulaboh, pada 7 Januari 2015, Kofi Annan juga melihat kerusakan bumi Aceh lewat udara dengan helikopter pada saat itu.

Sekjen PBB ini mengungkapkan rasa simpatiknya kepada rakyak aceh, Kofi Annan mengatakan belum pernah menyaksikan kerusakan yang luar biasa luas hingga bermil-mil ini. Dia memastikan bahwa PBB akan mendirikan pusat komando multinasional di Aceh untuk mempermudah koordinasi penyaluran bantuan untuk para korban Tsunami Aceh.

7. Hassanal Bolkiah Datang ke Aceh

Hassanal Bolkiah datang  ke Aceh

Tokoh Dunia Yang Pernah Datang Ke Aceh selanjutnya adalah Hassanal Bolkiah, 1 Februari 2005. Sultan Brunei Hassanal Bolkiah mendarat dengan pesawat pribadi miliknya sekitar jam 09.30 WIB di Bandara Sultan Iskandar Muda Banda ACeh.

Hassanal Bolkiah dan rombongan mengunjungi Masjid Raya Baiturrahman dan juga Masjid Baiturrahim Ulee Lheue. Dua masjid ini tidak roboh oleh meski gelombang dahsyat tsunami menghantam, Setelah itu Hassanal Bolkiah melanjutkan penjalanannya ke Pulau Weh dengan menggunakan helikopter.

Hassanal Bolkiah kemudian mengalokasi beberapa bantuan kemanusiaan, seperti obat-obatan dan juga tim relawan, beliau juga menyerahkan bantuan helikopter dan pesawat. Relawan Brunei Darussalam menjalankan tugas kemanu­siaannya di Kota Sabang bersama dengan sejumlah tentara asing lain yang berasal dari AS dan Prancis.

8. Leonardo Dicaprio Datang ke Aceh

Leonardo Dicaprio datang  ke Aceh

Pesohor Dunia Yang Pernah Datang Ke Aceh selanjutnya adalah Leonardo Dicaprio, Minggu 27 maret 2016 masyarakat aceh dikegetkan dengan pemberitaan kedatangan aktor Hollywood tampan yang terkenal dalam film Titanic tersebut.

Leonardo Dicaprio datang bersama para rekan-rekannya ke Taman Nasional Gunung Leuser "Aceh" untuk melihat secara langsung habitat orang hutan Sumatera karena rasa penasarannya terhadap Aceh. Leonardo Dicaprio Dikabarkan sangat terpukau dengan keindahan alam Aceh.
Dikutip dari berbagai sumber

loading...

Artikel Portal Fia Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2016 Portal Fia | Powered by Blogger